Khasiat Buah Mentimun

Gambar Mentimun

Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar kata mentimun? Bagi kebanyakan orang mentimun tidak lebih  dari buah untuk pelengkap lalapan atau di buat rujak. Tapi tahukah anda bahwa buah mentimun ternyata mempunyai kegunaan dan khasiat yang bermacam-macam baik untuk kesehatan juga untuk kecantikan. Buah mentimun (Cucumis sativus) yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi ini sering dihidangkan terutama  sebagai lalapan, acar dan salad.

Berbicara tentang manfaat bagi kecantikan, ada banyak manfaat mentimun untuk wajah agar terlihat cantik dan segar. Kandungan air yang tinggi dalam  buah mentimun berfungsi sebagai penyejuk. Buah mentimun yang memberi efek menyejukkan, dingin, serta  menyegarkan menjadikannya banyak dipakai untuk melembabkan dan menyegarkan kulit wajah. Tidak heran bila saat ini buah mentimun banyak dipakai sebagai bahan dasar produk kencantikan. Buah mentimun bersifat diuretik, mempunyai efek mendinginkan, juga sebagai pembersih yang bagus terutama untuk kulit wajah. Adanya kandungan vitamin A, B, dan vitamin C; serta berbagai mineral, seperti kalium, magnesium, mangan, juga silika; menjadikan buah mentimun menjadi penting dalam perawatan kulit. Sudah banyak diproduksi masker wajah dari bahan buah mentimun yang berfungsi mengencangkan kulit wajah agar terlihat lebih muda dari umur sebenarnya. Asam askorbat dan asam caffeic dalam buah mentimun mampu mengurangi tingkat retensi air sehingga  pembengkakan di sekitar mata akan berkurang.

Bagi anda yang sering mengeluh rambutnya rontok, berbahagialah karena anda tak perlu merogoh kocek anda dalam-dalam untuk membeli obat penyubur rambut. Siapkan saja buah mentimun, wortel, bayam dan selada. Buatlah jus dari bahan-bahan tadi dan rutinlah meminumnya, niscaya rambut anda kembali subur bak rumput di musim penghujan. Zat ajaib berupa silika lah yang mampu membuat anda tersenyum melihat rambut anda kembali lebat.

Tidak hanya untuk kecantikan lho ternyata si mentimun ini, manfaat mentimun untuk kesehatan malah lebih banyak. Dari masalah encok rematik sampai mengusir cacing pita dari perut anda mampu dilakukan buah mentimun.Bila anda menderita sakit maag atau tukak lambung, segeralah meminum jus mentimun untuk penyakit anda tersebut. Kandungan serat yang tinggi pada buah mentimun juga mampu membuat keluhan perihnya ketika buang air besar menjadi hilang. Untuk urusan mengenyahkan cacing pita yang "berkuasa" di usus anda, cukup konsumsi secara rutin buah mentimun setiap hari. Zat yang terkandung dalam biji mentimun terbukti ampuh membuat cacing pita "tidak kerasan" di saluran usus anda. 

Encok dan rematik anda sering kumat? Buat saja jus buah mentimun dengan wortel, lalu minum secara rutin. Kandungan vitamin A, B1, B6, C dan vitamin D juga mineral semacam magnesium dan kalsium sangat bermanfaat memperlancar metabolisme sel yang pada gilirannya mengurangi nyeri sendi pada kasus encok dan rematik. Bahkan penyakit yang tergolong berat semisal diabetes dan ginjal dapat ditangani oleh buah mentimun. Kandungan mineral dalam buah mentimun sangat berperan dalam sintesa insulin di dalam tubuh. Fakta menunjukkan bahwa buah mentimun adalah bahan diuretik alami terbaik yang membantu fungsi ginjal dalam proses urinasi dalam tubuh. Nah, masih meragukan khasiat buah mentimun ? Anda salah besar bila masih meragukannya!
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan / Manfaat Buah Mentimun dengan judul Khasiat Buah Mentimun. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://chayangmu.blogspot.com/2012/08/khasiat-buah-mentimun.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Vina Istiasari -