Dibawah ini adalah contoh makalah strategi pemasaran internasional. Semoga bisa menjadi tambahan bahan untuk makalah Anda.
BAB
I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Perusahaan
dalam menjalankan aktivitasnya baik perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa
maupun barang mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan. Selain
itu perusahaan juga ingin memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk yang
yang dihasilkannya, karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur dari
keberhasilan perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas, dan yang
diinginkan oleh konsumen.
Dalam
mencapai strategi pemasaran yang tepat dan terbaik untuk diterapkan, salah
satunya perusahaan dapat melihat dari faktor bauran pemasaran. Hal tersebut
penting karena bauran pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan
konsumen dalam melakukan keputusan pembelian suatu produk. Jika perusahaan
tidak peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh konsumen, maka dapat dipastikan
bahwa perusahaan akan kehilangan banyak kesempatan untuk menjaring konsumen dan
produk yang ditawarkan akan sia-sia.
Pemasaran
merupakan salah satu ilmu ekonomi yang telah lama berkembang, dan sampai pada
saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan
untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. Oleh karena itu diperlukan strategi
pemasaran yang dapat memberikan pengaruh untuk menentukan berhasil atau tidaknya
dalam memasarkan produknya. Apabila strategi pemasaran yang dilaksanakan
perusahaan tersebut mampu memasarkan produknya dengan baik, hal ini akan
berpengaruh terhadap tujuan perusahaan.
1.2. Tujuan Pembahasan Makalah.
a.
Untuk mengetahui apa yang di
maksud dengan teori pemasaran dan semua kegiatan yang berhubungan dengan
pemasaran.
b.
Untuk memberikan pengetahuan dasar bagaimana
cara melakukan kegiatan pemasaran dan apa saja yang harus dilakukan dalam
kegiatan pemasaran.
c.
Untuk mencarikan solusi di
dalam mempersiapkan era perdagangan secara global, dengan kaidah strategi
pemasaran yang efektiv.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1. Landasan Teori
2.1.1 Pengertian Pemasaran.
Pemasaran dapat dikatakan merupakan proses penyusunan
hubungan terpadu yang memiliki tujuan memberikan informasi mengenai produk
(barang dan jasa) yang berkaitan dengankepuasan atas kebutuhan dan keinginan
manusia. Pemasaran berawal dari sebagian atau keseluruhan kebutuhan manusia
yang kemudian berkembang menjadi keinginan manusia untuk mendapatkan nilai
lebih. Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah
yangmenjadi konsep pemasaran.
ACFTA adalah regionalisasi perdagangan bebas antara
negara China dan ASEAN. Latar belakang munculnya gagasan tersebut adalah
menanggulangi pergeseran keseimbangan kekuatanekonomi yang mulai bergerak ke
arah negara-negara timur tengah saat ini. Sehingga perluadanya usaha untuk
membentuk suatu integrasi perekonomian di negara ASEAN dan China.
Kekhawatiran terbesar pedagang di Indonesia adalah
produk-produk luar negerikhususnya produk China dapat membanjiri pasar
Indonesia. Dalam jangka pendek, produk-produk luar negeri ini kelihatannya
menguntungkan bagi masyarakat Indonesia, mengingatmasyarakat mampu memiliki
barang-barang dengan harga murah. Namun dalam jangka panjang,produk-produk ini
akan mengancam produksi dalam negeri. Produsen tidak mampumengimbangi harga
yang ditawarkan oleh China sehingga kemungkinan pelaku bisnis Indonesiaakan
beralih dengan menjual produk-produk dari China. (http://google.com/TataniagaACFTA,diakses
20 juli 20101).
Dimulai pada awal era 1980-an RRC mengalami tidak
kurang daripada keajaibanekonomi. Saat ini RRC merupakan negara dengan
pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia;Dengan GDP sebesar US$ 8,158 trilyun pada
2005, GDP sebesar kurang lebih US$ 1.703perkapita pada 2005, dan pertumbuhan
ekonomi 9,2% setiap tahunnya. Aspek terpenting darifenomena ini adalah sebuah
sistem terbarunya yang sangat unik. Sistem itu bukan jiplakan darisistem
ekonomi yang pernah ada, melainkan sesuai dengan citarasa Cina yang khas
(Prof.Michael Hough, 1995). (http://scrib.com/budaya bisnis RRC pada era
globalisasi)
Pada saat ini china yang memiliki semboyan Zhi fu shi
guangrong yang artinya janganmalu menjadi kaya, kejarlah kekayaan dan
pamerkan kekayaan itu menyebabkan bangsa Chinamengalami perubahan paradigma
yang sangat besar dalam menilai bisnis. Sebuah kalimat yangmembakar semangat
beriwausaha dan dan terbukti memang mempunyai daya magis luar biasadimasyarakat
China. (Swa, 17 Februari-2maret.2005) Dari fenomena diataslah penulis ingin
mengkaji tentang “Strategi Global : Gelombang Bisnis Dari China”.
Bagaimanakah overview bisnis di china, bagaimana
prakteknya, apakahyang menjadi kekuatan dari strategi bisnis global yang
dilakukan oleh negara China. Bagaimana seharusnya perusahaan – perusahaan lain
dinegara diluar China khususnya di Indonesiamenghadapi gelombang bisnis dan
produk China tersebut.
2.2.
Histori
2.2.1.
Zaman
baru Negeri Tirai Bambu
Sebagai bangsa yang menganut paham sosialis dan
komunis, bangsa china lebih meng-inginkan masyarakat proletariat (buruh) yang
hidup pada taraf sosial ekonomi yang sama ratasama rasa, bukan kaum borjuis
atau pengusaha yang kaya raya. Namun sekarang Chinamemasuki jaman baru, dimana
pemerintahnya begitu mendorong munculnya investasi dan bisnisdalam intensitas
yang luar biasa. Hasilnya seperti sekarang yang bisa dilihat China sangat
menggemparkan dunia.
Pemerintah amerika Serikat dan uni eropa berteriak
keras menyorot China, lantaran indistri mereka kalah kompetitif dan investasi
tersedot ke China. Produk China menyebar ke seluruh dunia. Mulai dari produk
makanan, minuman, mainananak-anak, hingga elektronik, dan bahkan sepeda
motor. Negara china bahkan tidak hanya
jago memproduksi barang dan memasarkannya, melainkan juga dengan infrastruktur
produksi yang kompetitif. Itulah yang menyebabkan banyak perusahaan yang
memilih mengalihdayakanproduksinya di negara China.
1.
Pemerintah
China sangat memberikan kemudahan pada perusahaanatau investor yang ingin
berinvestasi kenegaranya. Ada willingness dari pemerintah dalammemberikan
kemudahan berinvestasi di China, dan diimplementasikan secara jelas
dalampraktis. Beberapa kemudahan itu seperti Pemerintah china memeberlakukan
tax holiday, atau keringanan pajak penghasilan (PPh) untuk perusahaan sekitar
separuh tarif 24%.
2.
Suku
bunga pinjamannya sangat rendah hanya 3-5%.
3.
Proses
perizinan yang sangat mudah dan hanya butuh waktu satu minggu saja.
4.
Pengusaha
dibebaskan dari pembayaran pajak saelama 5 tahun.
5.
para
investor yang dating akan dijamu oleh pejabat setempat meskipun itu
harusmenghabiskan tidak sedikit dana.dan masih banyak kemudahan-kemudahan lain
yang dianggap investor sangat memudahkan danmembantu meringankan investor.
2.3.
Daya Tarik / Kekuatan Bisnis Di Negara China
China sangat mewarkan begitu banyak hal yang cukup
menggiurkan bagi para investor-investor perusahaan besar maupun kecil.
kelebihan –kelebihan yang jarang ditemui di negara lainbisa kita temukan dalam
praktek bisnis di China.
a.
Birokrasi
pemerintah
Untuk perlakuan pemerintah kepada investor dan
birokrasinya, Pemerintah China memepermudah sekali perizinan yang ada. Begitu
welcomenyapemerintah China menyambut investor sampai ada pemerintah setempat
yang mengeluarkan peraturan daerah supaya bisamengakomodasi kebiasaan para
investor. Pengusaha juga dibebaskan dari pajak selama 5 tahun.
Negara China juga sangat menarik karena dukungan
permodalan. Perbankan yang sangatgampang dalam mengucurkan dana untuk
investasi, dan memberikan bunga yang rendah dantingkat inflasi yang rendah dan
stabil sehingga mempermudah pengusaha menawarkan ke pasar.
b.
Sumber
daya manusia
Untuk sumberdaya manusia dalam hal ini pekerja, di
China tercatat jumlah penduduknyayang mencapai 1,8 milyar juta jiwa (antara
news.com,diakses 2 juli 2010). Pekerja di Chinamemiliki produktifitas yang
sangat tinggi. Mereka mampu bekerja sampai mencapai 12 jamsehari dengan
selingan istirahat selama dua jam. Perusahaan disana juga umumnya
menyediakanfasilitas mes, sehingga pekerja dapat mengerjakan sesuai denga
target volume setiap hari.Adakalanya para pekerja di sana juga mampu bekerja
overtime, produktivitas pekerja yangsangat tinggi tersebut tidak dibatasi oleh
pemerintah China, bahkan sampai 40 jam kerja.
Libur yang diberlakukan hanya dua hari setiap
bulannya.Untuk upah, pekerja disana diupah perproduk yang dibuat, sehingga
mereka terpacu untuk bekerja terus. Ketika musim dinginpun etos kerja para
pekerja china sangat tinggi, meskipun saatmusim dingin suhunya mencapai 5
derajat celcius, tidak pernah ditemui pekerja yang mogok kerja. Saat musim
panas pun seperti itu, mereka tidak banyak tuntutan untuk memintaperusahaan
menyediakan pendingin untuk ruangan kerja mereka.Dan yang terakhir dengan
jumlah yang mencapai 1,8 milyar tadi menurut pengusahadianggap sebagai potensi
pasar yang cukup menarik.
c.
Transportasi dan bahan baku yang mudah dan
murah
Tidak sedikit perusahaan besar yang ada di indonesia
mengalih dayakan produksinya denganalasan bahan bakunya yang murah, dan mudah
didapat. Menurut salah satu pengusaha yang mengalihdayakan produksinya mengungkapkan
bahwa china menawarkan cost yang jauh lebihrendah untuk produksinya, harga yang
murah dan proses produksi yang sangat cepat. Untuk transportasinya dinilai
cukup baik, salah satu contohnya pelabuhan layanannya cukupbaik meskipun tidak
secepat yang ada di Singapura. Ditambah lagi sarana transportasi
sepertikontainer atau alat angkut lain mudah didapatkan dan tidak ada
pungutan-pungutan liar.
2.4.
Praktek Bisnis Perusahaan Indonesia Yang
Bekerjasama Dengan Perusahaan China
Tidak sedikit perusahaan besar di indonesia yang
melakukan kerjasama bisnis dengannegara China. Ada beberapa tipe dalam praktek
yang dilakukan pengusaha dalam kerjasamabisnis dengan perusahaan china:
a) Trader (pedagang)
Tipe ini pengusaha hanya membeli atau impor produk
barang tampa memperdulikan merek apa pun dan menjual putus di Indonesia.
Meskipun ini merupakan tipologi yang palingklasik, namun kontribusnya cukup
besar dan pemainnya cukup banyak. Contohnya impor peralatan makan, pecah
belah, peralatan dapur, perkakas, perabotan rumah tangga, alat tulis,bahan
bangunan, berbagai jenis mainan anak-anak, dan masih banyak lagi.
b) Private Label
Untuk tipe ini pengusaha mengimpor barang dari China
dan memasarkan di Indonesiadengan mereknya sendiri. Pengusaha jenis ini
biasanya sudah punya basis pemasaran kuatdalam negeri, tak hanya jual putus.
Mereka juga membangun merek dan bersaing dari aspek distribusi. Beberapa
merek yang sudah dikenal oleh pasar di Indonesia seperti Sanken danMarta Tilaar
dan mustika ratu untuk produk kosmetik juga menerapkan pola ini
c) Investor
Tipe ini dilakukan oleh pengusaha yang berskala besar
. Untuk tipe ini pengusahamembangun manufacturing (pabrik) di sana dan
mengekspor sebagian hasil produksinya keIndonesia, sementara sebagian lagi
untuk memasok pasar local China dan Negara-negaralain.
d) China sebagai pemasok
bahan baku
Pengusaha dengan tipe ini memanfaatkan China sebagai sumber pasokan produk yangmereka jual. Ada juga yang melalui cara semi knocked-down, yakni hanya memproduksi sebagian yang dilakukan di china dan sisanya masih diproduksi di Indonesia. Ada juga yang menjadikan china sebagai pemasok komponen beberapa produksinya, dan tipe ini jumlahnyajuga semakin banyak.
Silahkan download contoh makalah strategi pemasaran internasional secara lengkap hanya disini
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pendidikan /
Strategi Pemasaran
dengan judul Contoh Makalah Strategi Pemasaran Internasional. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://chayangmu.blogspot.com/2013/04/contoh-makalah-strategi-pemasaran.html. Terima kasih!
Ditulis oleh:
Vina Istiasari -